Sahate dan Simponie untuk Perizinan dan Hibah Bansos Online di Kabupaten Lebak

Launching Aplikasi Sahate dan Simponie

Menindaklanjuti renaksi (rencana aksi) dari program Korsupgah (Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Korupsi) KPK yang berakhir pada Desember 2017 lalu, Bupati Lebak Hj. Iti Octavia jayabaya didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi membuka launching aplikasi Sahate dan Simponie yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

Sahate atau yang memiliki arti “Satu Harapan Terwujud”, merupakan perwujudan dari cita-cita luhur yang ingin dicapai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak untuk penyaluran kegiatan hibah bansos yang tepat sasaran. Sahate merupakan hasil dari replikasi aplikasi Sabilulungan Pemerintah Kota Bandung.

Sedangkan Simponie (Sistem Informasi Manajemen Perizinan Online) memiliki fungsi untuk membuat proses perizinan yang tanpa atau sedikit tatap muka, dengan tujuan mengurangi potensi tindak pidana korupsi. Simponie merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Lebak bersama Pemerintah Kota Tangerang Selatan dengan nama yang sama.

Mengutip rilis berita Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, Iti mengatakan “Simponie dan Hibah Bansos Sahate sebagai sebuah aplikasi semoga menjadi ikhtiar kita bersama untuk semakin mendekatkan ranah pelayanan publik kepada jantung kepentingan masyarakat sebagai penikmatnya dan kami berpesan agar seyogyanya aplikasi ini bisa mengakomodir mekanisme perizinan maupun hibah bansos secara konsisten.”.

 

Leave a Reply