Pusing Sendiri Menggunakan Linux

Pixel Penguin Linux Transparent

Dua minggu ini saya sedang sibuk mempelajari linux untuk VPS client. Saya telah membuat aplikasinya dan aplikasi tersebut tidak dapat didukung penyedia shared hosting karena membutuhkan PostgreSQL dan Tomcat oleh karena itu saya gunakan VPS.

Saya sudah sampai instalasi semuanya, namun karena Laravel (framework PHP) memerlukan versi yang tinggi saya perlu mengupdate aplikasi minimum requirements-nya. Dan kemumetan dimulai dari sini sampai harus reinstall beberapa kali.

Menggunakan Ubuntu dan Webuzo

Saya cukup familiar dengan ubuntu karena pernah menggunakannya, terlebih komunitasnya saya kira paling banyak. Berawal dari rekomendasi rekan kerja untuk proyek ini, diinstalah Ubuntu dan Webuzo sebagai panel kontrolnya. Ketika sudah terinstal, mumet karena untuk modul-modul lain berbayar dan tidak memenuhi kebutuhan aplikasi.

Menggunakan ClearOS

Dikantor saya sendiri menggunakan ClearOS sebagai server proxy dan web. Saya pernah lihat disana sudah terinstal control panel secara default yang disebut Market Place milik ClearOS. Setelah dicoba instal memang benar ini seperti kita menginstal plugin WordPress. Tapi lagi-lagi kebutuhan aplikasi berlabel dolar  😕

Dasar mental gratisan!

Menggunakan CentOS dan CWP

Sejauh pengalaman saya, inilah yang paling powerfull dan gratis. Biaya untuk upgrade ke versi pro pun hanya dikenakan donasi $1. Murah bukan?

Setelah kebutuhan aplikasi terinstal, masih ada lagi kendala. Versi kebutuhan aplikasi tidak memenuhi requirements. Pusing lagi  😥

Dan sekarang saya mau mencoba memadukan CWP yang  stuck di PostgreSQL 9.2 dan Java 1.7 di repositorynya.

Ya tinggal instal pasang dengan repository lain aja boss!

Haha ngomong sih gampang. Ajarin dong!  😉

Belajar Lagi

Untuk kejar tayang besok dari pada macet mending reinstall dan mencoba tanpa control panel. Semoga punya rezeki untuk membeli VPS.

Saat inilah saya harus belajar hal baru untuk menambah keahlian. Semangat. Ganbatte Hadi  😀

Leave a Reply