Instal Composer di CentOS Melalui Terminal

CentOS Composer Logo

Cara instal Composer secara global di sistem operasi CentOS bisa dilakukan dengan beberapa cara melalui perintah terminal. Namun sebelum menginstal Composer, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah komputer Anda sudah terinstal PHP 5.3.2 atau lebih baru. Jika sudah, lanjutkan instalasi Composer dengan cara berikut ini.

1. Instal Composer Manual Via cURL

Cara ini dijelaskan di banyak artikel di internet. Teknik ini menggunakan cURL sebagai aplikasi download manager. Untuk menggunakan teknik ini, pastikan cURL telah terinstal. Jika belum terinstal, instal terlebih dahulu dengan perintah berikut di dalam terminal.

Selanjutnya lakukan perintah ini untuk menginstal Composer.

Atau jika ingin menggunakan hanya satu baris perintah, gunakan ini.

2. Instal Composer Manual Via Wget

Berdasarkan halaman dokumentasi website resmi yang beralamat di https://getcomposer.org. Composer dapat diinstal dengan cara mengunduh file composer.phar. Sama halnya dengan penggunaan cURL, pastikan komputer telah terinstal aplikasi Wget. Wget akan bertindak sebagai download manager file diinternet via terminal. Jika belum, lakukan perintah ini di terminal.

Lalu, lakukan perintah ini untuk menginstal Composer.

3. Instal Composer Via Yum Package Manager

Instal composer via Yum Package Manager
Configure YUM Repository © https://www.admincool.com

Sebenarnya cara-cara diatas bisa dilakukan di berbagai distro Linux lainnya. Khusus untuk cara ini, hanya bisa dilakukan di distro turunan RHEL (RedHat Enterprise Linux) termasuk CentOS.

Seperti apt-get di Ubuntu, CentOS memiliki Yum sebagai package managernya. Ini merupakan teknik paling mudah. Selain itu dengan teknik ini semua dependensi Composer seperti php-cli akan ikut terinstal secara otomatis.

Catatan

Setelah Composer terinstal dengan sukses, tes dengan perintah ini untuk melihat versi Composer.

Sebagai catatan peringatan, JANGAN INSTAL PACKAGE PHP DENGAN USER ROOT. Karena setiap file dan folder yang terinstal permissionnya akan dimiliki oleh root. Ini menjadi masalah jika file atau folder tersebut akan dimodifikasi oleh user atau proses lainnya. Misalnya proses Apache atau modifikasi oleh user lainnya karena hak aksesnya akan kalah dengan root.

Jadi saat kamu menggunakan Composer  untuk instal pustaka atau library PHP, pastikan kamu sedang menggunakan user biasa bukan root.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.